Dalam teknologi informasi, knowledge atau pengetahuan bagi suatu organisasi atau
perorangan diartikan sebagai kepemilikan atas informasi atau kemampuan menempatkan
informasi dengan cepat.
Knowledge management (KM) atau manajemen pengetahuan adalah sebuah nama yang menunjuk
pada sebuah konsep pada sebuah organisasi yang meliputi proses pengaturan, pertukaran,
analisis dan penyebaran pengetahuan dari sumber pengetahuan yang ada seperti dokumen
dan keahlian personal setiap orang didalam organisasi tersebut. Knowledge management
juga dianggap sebuah bidang baru dalam dunia bisnis yang mencakup kombinasi kumpulan
proses, struktur organisasi, aplikasi dan teknologi yang kemudian digunakan untuk
membangkitkan pengetahuan setiap SDM dalam organisasi.
Kultur teknologi dan informasi didalam sebuah organisasi sering ditempatkan secara
tidak seimbang sehingga seringkali dianggap sebagai suatu masalah baru dalam sebuah
organisasi. KM secara aktif membantu membentuk kedua kultur tersebut secara tepat dan
mempunyai manfaat yang berarti bagi kemajuan organisasi. KM membawa pada pemanfaatan
dan efektifitas sumber daya yang terdapat didalam sebuah organisasi dengan menempatkan
teknologi informasi sebagai alat bantuannya. Didamping itu, KM juga yang menghadirkan
pertukaran informasi yang bermanfaat bagi sebuah organsasi dan seluruh komponen yang
terdapat didalamnya.
dikutip dari..
linda salma
http://lindasalma.multiply.com/journal/item/25Knowledge_Management_Kajian_dan_Implementasi_Pada_Teknologi_Informasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar