Selasa, 30 Desember 2008

Knowledge Management: Kajian dan Implementasi Pada Teknologi Informasi Abstrak

Dalam teknologi informasi, knowledge atau pengetahuan bagi suatu organisasi atau

perorangan diartikan sebagai kepemilikan atas informasi atau kemampuan menempatkan

informasi dengan cepat.

Knowledge management (KM) atau manajemen pengetahuan adalah sebuah nama yang menunjuk

pada sebuah konsep pada sebuah organisasi yang meliputi proses pengaturan, pertukaran,

analisis dan penyebaran pengetahuan dari sumber pengetahuan yang ada seperti dokumen

dan keahlian personal setiap orang didalam organisasi tersebut. Knowledge management

juga dianggap sebuah bidang baru dalam dunia bisnis yang mencakup kombinasi kumpulan

proses, struktur organisasi, aplikasi dan teknologi yang kemudian digunakan untuk

membangkitkan pengetahuan setiap SDM dalam organisasi.

Kultur teknologi dan informasi didalam sebuah organisasi sering ditempatkan secara

tidak seimbang sehingga seringkali dianggap sebagai suatu masalah baru dalam sebuah

organisasi. KM secara aktif membantu membentuk kedua kultur tersebut secara tepat dan

mempunyai manfaat yang berarti bagi kemajuan organisasi. KM membawa pada pemanfaatan

dan efektifitas sumber daya yang terdapat didalam sebuah organisasi dengan menempatkan

teknologi informasi sebagai alat bantuannya. Didamping itu, KM juga yang menghadirkan

pertukaran informasi yang bermanfaat bagi sebuah organsasi dan seluruh komponen yang

terdapat didalamnya.


dikutip dari..
linda salma
http://lindasalma.multiply.com/journal/item/25Knowledge_Management_Kajian_dan_Implementasi_Pada_Teknologi_Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar